Friday, July 25, 2014

You are here: Home > Bunga Segar > Sentra Produksi Bunga Potong Segar Di Indonesia

Sentra Produksi Bunga Potong Segar Di Indonesia

by Wawan Purnama on June 19, 2012

pasar bunga segar rawa belongHortikultura hias, terutama produksi bunga potong segar telah tumbuh dari kegiatan berbasis budaya dan hobi menjadi bisnis yang ramai dan prospektif. Produksi pusat-pusat bunga potong dan tanaman hias sebagian besar dikembangkan atas dasar dari kondisi klimatologi, tanah dan jarak dari kota-kota besar.

Sentra produksi utama bunga potong segar saat ini adalah Jabotabek, Sumatera Utara, Riau, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kota yang paling penting berkaitan dengan bunga dan tanaman hias adalah Jakarta, Bandung, Semarang, Malang, Surabaya, Medan, Denpasar dan Ujung Pandang.

Jakarta (Jabotabek)

Secara umum, setiap kota besar memiliki kebun sendiri untuk memasok konsumennya. Namun karena kelangkaan tanah dan harga tinggi di Jakarta, petani anggrek melakukan investasi di luar Jakarta, misalnya di Tangerang, Bogor dan Bekasi. Anggrek yang sebagian besar ditanam oleh petani Jakarta adalah Dendrobium, Vanda, Arachnis, Oncidium, Phalaenopsis dan Cattleya.

Daerah produksi utama anggrek di Jakarta adalah Kebon Jeruk, Grogol , Cengkareng, Kebayoran Lama, Cilandak, Lebak Bulus, Pasar Minggu, Jatinegara, Kramat Jati, Pulo Gadung, Pasar Rebo dan Pondok Gede

Sumatera Utara (Berastagi, Kabanjahe, Tanjung Morawa) dan Kepulauan Riau

Produksi daerah di Kabanjahe tersebar lebih dari 4 wilayah yaitu Kabanjahe, Barusjahe, Tigapanah dan Simpang Empat. Tanjung Morawa yang terletak 17 km dari Medan dikenal sebagai pusat produksi tanaman hias di Sumatera Utara. Produksi bunga potong disana meliputi gladiol, krisan, aster, gerbera, dahlia, anthurium, sedap malam (Polyanthes tuberosa) dan beberapa varietas bunga.

Pasar grosir terletak di Berastagi, terutama pada hari Selasa dan Jumat, di mana bunga yang diperdagangkan dan didistribusikan untuk pasar berbeda dengan toko-toko bunga di Medan. Petani bunga potong di Riau pulau menghasilkan Heliconia, salah satu bunga tropis paling prospektif dan komersial.

Jawa Barat (Cipanas, Bogor, Cisarua, Lembang dan Sukabumi)

Cipanas telah lama dikenal sebagai pusat produksi bunga. Bunga potong dihasilkan yaitu krisan, mawar, gladiol, gerbera dll. Krisan dari Cipanas terkenal karena kualitasnya yang tinggi. Selain itu juga banyak ditanam mawar varietas lokal.

bunga mawar potong segar

Bunga potong dipasok ke Jakarta menggunakan kotak bambu dengan daun pisang dan diangkut ke hotel, toko-toko penjual bunga dan pasar bunga hias terbesar di Rawa Belong Jakarta. Tanaman hias diproduksi di Cipanas adalah pinus, adiantum, azalea, dieffenbachia, dracaena, bugenvil, dll. Selain itu juga ada kembang sepatu yang diproduksi di pot kecil oleh warga desa dan dijual dipinggir jalan.

Bogor yang dikenal sebagai kota hujan memiliki hubungan yang sangat baik dengan Jakarta dan dapat dicapai dengan kendaraan dalam waktu setengah sampai satu jam. Bunga potong seperti anyelir, krisan, gerbera dan cala lily diproduksi di rumah kaca plastik di daerah Megamendung dan Ciawi. Tanaman hias seperti palem, pohon pinus dan adiantum diproduksi di Ciapus Bogor.

Di Lembang bunga potong tumbuh dalam skala kecil, para penduduk desa memproduksi tanaman hias hampir di setiap pekarangan rumah. Tanaman tersebut tumbuh pada kantong plastik di media sekam padi dicampur dengan pupuk kandang. Tanaman pot yang ditanam yaitu mawar, aster, anyelir dll.

Bunga potong seperti gladiol, gerbera dan anthurium sebagian besar diproduksi di Selabintana dan Sukabumi. Sedap Malam (Polyanthes tuberosa) diproduksi di Selabintana Sukabumi, dan Tasikmalaya. Dari tempat tersebut bunga-bunga kemudian dikirim ke pasar grosir di Jakarta.

Jawa Tengah (Bandungan, Tegal, Pemalang, Purbalingga dan Magelang)

Bandungan adalah daerah produksi utama untuk bunga potong di Jawa Tengah. Sebagian besar bunga di Bandungan diproduksi pada pertanian kecil oleh sejumlah besar petani dengan sistem penanaman yang terintegrasi dengan sayuran. Bandungan menghasilkan bunga potong dari aster, mawar, gerbera, dahlia, gladiol, krisan, anyelir, lili dan amarilis.

Tegal dan Pemalang menghasilkan melati (Jasminum sambac). Hal ini digunakan sebagai bahan untuk rasa teh hijau. Banjarnegara dan Banyumas memiliki luas perkebunan melati yang cukup besar. Sedap Malam (Polyanthes tuberosa) diproduksi oleh petani di Jawa Tengah di Desa Citrosono Magelang dan Bandungan.

Jawa Timur (Batu, Pujon, Tretes, Pasuruan dan Madura)

bunga segar sedap malamBatu adalah pusat dari bunga potong dan produksi tanaman hias di Jawa Timur. Bunga potong yang dihasilkan gladiol, mawar, krisan, anggrek, gerbera, dan bunga lili. Pasar grosir lokal bunga potong juga terletak di Batu. Beberapa petani bertindak sebagai pedagang juga dan pengepakan bunga dilakukan di rumah mereka.

Di Tretes petani tanaman hias menghasilkan pohon pinus, kelapa, Cycas, ficus, Ixora, dracaena, azalea dan dieffenbachia. Pasuruan adalah pusat dari produksi sedap malam di Jawa Timurdengan sentra produksi di Bangil dan Rembang. Selain itu, petani di Pasuruan juga menghasilkan melati.

Madura adalah salah satu daerah produsen melati yang paling terkenal di Jawa Timur yaitu di daerah Bangkalan-Madura. Kebanyakan melati produksi di Jawa Timur digunakan untuk aksesori pada upacara pernikahan dan kegiatan keagamaan lainnya.

—-

Saat ini banyak varietas yang tumbuh di Indonesia baik lokal maupun impor. Ini perlu ditentukan mana yang lebih cocok untuk kondisi pertumbuhan lokal dan sesuai dengan preferensi konsumen. Dengan pesatnya perkembangan pasar lokal bunga potong dan tanaman hias, jumlah bahan tanam yang lebih besar dan berkualitas tinggi akan diperlukan.

Di Jakarta memberikan bunga untuk berbagai acara sosial, seperti ulang tahun, pernikahan, sakit, bisnis dan lain-lain telah menjadi hal umum dan menjadi pengganti untuk kunjungan pribadi. Rangkaian bunga segar merupakan hadiah yang kasual maupun resmi untuk berbagai acara resmi maupun momen pribadi anda. Bila anda membutuhkan bantuan dalam memilih rangkaian bunga segar yang cocok untuk anda, segera hubungi kami di 021 – 37 588 589.

{ 1 comment… read it below or add one }

diah anggun kusuma July 17, 2013 at 1:52 pm

saya mau tanya apa ada menjual kelopak bunga mawar dan lain2 yang rontok..??

Reply

Leave a Comment

Previous post:

Next post:

Tentang Kami | Kontak Kami | Syarat dan Aturan | Sitemap